(info lengkap silahkan Download di LAMPIRAN)
INFORMASI BANTUAN GRATIS
14 (EMPAT BELAS) TEMPAT PKL/PRAKERIND
UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA DAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER
& JARINGAN)
DI DAERAH YOGYAKARTA
A.
Pendahuluan
a. Latar Belakang
Sesuai dengan
kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa
yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan
bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan
melaksanakan PKL/Prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan
pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan
berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.
Beberapa
siswa peserta Prakerin ada yang memilih tempat Prakerin yang dipilihkan pihak Sekolah,
ada yang mencari sendiri, dan sebagainya. Banyak siswa peserta Prakerin yang
mengalami permasalahan seperti :
1.
Kesusahan dan bingung untuk mencari
tempat Prakerin sendiri
2.
Tempat Prakerin yang kurang cocok/tidak
cocok dengan jurusannnya
3.
Kebingungan mencari Kost/Tempat
tinggal sementara jika dari luar daerah
4.
Banyak siswa peserta Prakerin yang
disepelekan
5.
Banyak siswa peserta Prakerin yang
nganggur di jam kerja karena tidak diberi kesempatan ikut dalam kerja secara
real/nyata
6.
Dan sebagainya
Dengan adanya
kasus/permasalahan di atas, maka kami dari SIC, Yaitu ORGANISASI
Persahabatan Mahasiswa antar Universitas se-DIY (Mahasiswa dari UGM, UNY, UIN,
UAD, UTY, AMIKOM, AKAKOM, RESPATI, UST, dan UII, memberikan BANTUAN GRATIS
untuk siswa peserta Prakerin dalam :
1)
Menyediakan Tempat Prakerind/PKL/PDU
dengan kerjasama dengan 14 Badan Usaha yang bisa
untuk peserta PKL/Prakerind Jurusan MULTIMEDIA & TKJ
2)
Pelatihan GRATIS
untuk pembekalan sebelum diterjunkan ke tempat Prakerin. Dengan waktu
menyesuaikan pesertanya, biasanya Pelatihan Normal diadakan 3 hari sampai 5
hari , Pelatihannya meliputi Pelatihan Jurusan Multimedia dan TKJ (Teknik
Komputer & Jaringan), DAFTAR PELATIHAN nya di LAMPIRAN 1
3)
Kost Gratis di SIC, Namun Tempat Terbatas dan harus mengikuti Aturan yang
ada di dalam SIC, Jika Kost di SIC juga akan mendapatkan FASILITAS Tambahan
yaitu :
·
Kost Gratis (Tidak
Dikenakan Biaya Sepeserpun)
·
Listrik GRATIS
·
Internet Gratis 24jam
Nonstop
·
Bagi Peserta PKL /
Peserta Prakerind yang tidak memiliki NOTEBOOK(LAPTOP) /
NETBOOK, BOLEH Pinjam Pihak SIC Secara GRATIS
·
Bisa Pinjam HANDYCAM
Gratis Untuk Keperluan Dokumentasi Bersama
·
Bisa Ikut PELATIHAN
TAMBAHAN secara detail lagi untuk
Jurusan/Bidang Multimedia dan TKJ
·
Dan Fasilitas
lainnya.
4)
Bantuan Tambahan
:
·
Dibantu dalam pembuatan LAPORAN Prakerin
·
Bagi Siswa kurangmampu akan ada
bantuan biaya Hidup.
·
Jika Tidak Mendapatkan KOST GRATIS Di
SIC, Maka Pihak SIC bisa membantu
Mencarikan KOST Yang Dekat/Sekitar Tempat PKL yang di Tuju sesuai dengan
keinginan masing-masing Anak PKL/Anak Prakerind
b. Sekilas Tentang
SIC (Source of Inspiration Club), Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas
SIC (Source of Inspiration Club), merupakan Organisasi
/ Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas, Mahasiswa yang telah bergabung
di SIC meliputi mahasiswa UGM, UNY, UIN, UAD, UTY, UII, UPN, AMIKOM, AKAKOM,
dan RESPATI. SIC memiliki 5 Bidang Program Kerja yaitu :
1. Bidang Pendidikan dan Pelatihan
2. Bidang Dana Usaha
3. Bidang Sosial dan Kerohanian
4. Bidang Humas dan Pengkaderan
5. Bidang Informasi dan Penerbitan
Bantuan GRATIS untuk siswa/mahasiswa peserta PKL/
PRAKERIND/PDU yaitu di ( Bidang Sosial & Kerohanian) dan
(Bidang Pendidikan & Pelatihan). Info secara lengkap mengenai SIC
dari segi : Visi Misi, Tujuan, Peraturan, Bidang-Bidang, dan lainnya secara
detail silahkan BUKA : www.my-sic.org
Alamat Lengkap :
1.
Kantor SIC Pusat :Jalan RingRoad Utara, Sanggrahan Rt 08/ Rw 10, Condong
Catur, Depok Sleman Yogyakarta. (depan POLDA DIY)
2.
Kantor SIC Gejayan :Jalan Matahari CTX36C, Deresan, Gejayan, Yogyakarta
(dari jalan Gejayan masuk gang bakung sampai perempatan pertama)
c. Tujuan Membantu Gratis dalam Penerimaan
PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa
SIC khususnya Bidang BSK ( Bidang Sosial &
Kerohanian) memiliki program kerja Bantuan GRATIS di Bidang PKL/Prakerind/PDU
untuk Siswa dan Mahasiswa dari berbagai sekolah / Universitas.Tujuan SIC menerima PKL/Prakerind/PDU
Bagi Siswa :
1) Membantu dan mempermudah siswa/mahasiswa untuk mencari
tempat PKL / Prakerind/PDU
2) Membantu siswa/mahasiswa mengenalkan dunia usaha
3) Membantu siswa/mahasiswa mendalami kembali materi dan
praktek yang sudah diterapkan di Sekolah/Universitas masing-masing
4) Membantu dan membimbing siswa untuk mengenalkan dunia
kampus/ dunia kuliah
5) Membantu siswa yang berminat untuk meneruskan ke
tingkat Kuliah
6) Membantu siswa dalam penempatan kerja setelah siswa/mahasiswa
lulus sekolah/kuliah
B.
Alur Kegiatan PKL /
Prakerind Melalui SIC
1.
DAFTAR dulu dengan
mengisi Formulir (Formulir Bisa Di Download/Copy)
2.
Mengembalikan
Formulir ke SIC
3.
Pelatihan GRATIS
selama 3-5 Hari terlebih dahulu, meliputi :
a. Pelatihan menerima tamu ( 1 - 2 Jam)
b. Pengenalan Badan Usaha/Profil Badan Usaha nya
(profil,staff karyawan,daftar
harga,peraturan,dll
c. Berbagai Pelatihan GRATIS untuk Memantapkan Penerapan
Di Badan Usaha di Bidang TKJ / TEKNIK
KOMPUTER & JARINGAN dan Bidang
Multimedia: ( selama 3-5hari, Setiap Pertemuan 2-5 Jam , Sesuai Dengan
Kondisi Peserta PKL, Ada Jam Istirahat), Untuk Daftar PELATIHAN GRATIS nya
Silahkan Bisa Lihat Di LAMPIRAN 1.
4.
Langkah Selanjutnya
adalah Pelatihan Gratis Tentang Motivasi, Kedisiplinan, Kerjasama, Kebersihan,
Tanggungjawab, Percaya Diri, Kemandirian, Kreatifitas, Inisiatif, dll ( 2 Jam )
5.
Langkah Selanjutnya
Penempatan ke TEMPAT PKL/ Badan Usaha Yang Sudah Dipilih Setiap Peserta Di Awal
Masuk, (Boleh Memilih Maksimal 2 Tempat), Pilihannya adalah :
Pilihan Tempat
PKL/Prakerind
|
Perkiraan Kapasitas
|
Centang Yang Anda
Pilih (Pilihan 1)
|
SIC Multimedia
Super Production
Herro Notebook Center
KJ Computer
Buana Computer
Spectra Computer
ITC Computer
Auditama Computer
Rajawali
Plototten
Sg Computer
KOTAKOM
Bismar Computer
Resentika Computer
|
20
10
10
10
10
6
6
10
6
6
6
10
6
10
|
>> Untuk Info
Lengkap Profil Perusahaan Tersebut, Visi Misi, NPWP, SIUP,Tempatnya,
Aturannnya, dll, Serta BIDANGnya Bisa Tanyakan Langsung ke PIHAK SIC/Menemui
Tempatnya Harus Bersama pihak SIC
6. Setiap Malam Ada Evaluasi Bersama , Untuk Kumpul
Bersama dengan Teman-teman/ Anak PKL yang Lain ( 1-2 Jam) membicarakan dan
Sharing Apa saja yang sudah dilakukan dan menyusun rencana positif untuk
memaksimalkan masa PKL /Prakerind . Bisa Dengan Cara Sharing Lewat SMS/Chatting/Kumpul
Bersama di Ruangan pertemuan SIC.
7. Di Hari Minggu/Hari Libur, diadakan REKREASI Bersama
Untuk Refreshing, Pilihan yang biasa dilakukan adalah: Futsal Bersama, Renang ,
Badminton, Ke Pantai, Studio Karaoke, Studio Musik, Mancing, Makan-Makan, dan
Jalan-Jalan Ke Tempat Rekreasi di Sekitar Yogyakarta, dll (Pilihan Rekreasi
Bersama Dipilih Secara Musywarah Bersama, Bagi Yang Tidak IKUT Juga Boleh)
C.
TAMBAHAN :
Ø
Untuk Melihat &
Menghubungi 14 Tempat Usaha/Badan Usaha diatas silahkan bisa
Ø
menghubungi Pihak SIC
terlebih dahulu
Ø
Info Lengkap Bisa
SMS/TELP : Telp.(0274)6411735 / Hp :081804075713
D. Perlu diperhatikan Pada saat PKL/Prakerind di Tempat usaha/Badan usaha
Tersebut, setiap Peserta harus :
· Berpakaian rapi dan sopan, menggunakan Hem/Kemeja dan celana
panjang
· Bersepatu/sandal sepatu
· Tidak Merokok diruangan
·
Tidak boleh memakai
HP (HP dimatikan/silent) pada saat diberi Pengarahan selama Jam Kerja. Boleh
menggunakan HP pada saat istirahat/diluar jam kerja/Jika Ada SMS/TELP penting
Bisa Ijin Untuk Menerima Telp/Balas SMS.
·
Jam Kerja di setiap
badan usaha kira-kira 6 - 8 jam untuk Peserta PKL setiap harinya ( ada yang
masuk jam 07.00 sampai jam 16.00, ada yang masuk jam 09.00 sampai jam 17.00,
ada yang masuk jam 09.00 – 21.00, dan Jadwal Jam BISA Pilih Bisa Ikut Yang Per
SHIFT PAGI, SHIFT Siang, SHIFT Malam )
LAMPIRAN 1
DAFTAR PELATIHAN
GRATIS UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND
SEBELUM DITERJUNKAN
KE PERUSAHAAN/BADAN USAHA
SELAMA 3-5 HARI
·
Bidang Teknik Komputer & Jaringan
1. Pelatihan Perakitan Komputer Minimal 20 x Perakitan
dengan Versi Yang Berbeda
2.
Pelatihan Bongkar
Pasang Laptop Minimal 10x Bongkar Pasang Laptop dengan Merk
3.
Berbeda.
4. Pelatihan Setup BIOS PC & Laptop Semua Merk
5. Pelatihan Installasi Windows XP, 7, dan Berbagai Linux
( Mandriva, U-Buntu, Fedora, dll)
6. Pelatihan Basmi Virus dengan Anti Virus
7. Pelatihan Pengenalan Membuat VIRUS Sendiri
8. Pelatihan Basmi Virus TANPA ANTIVIRUS
9. Pelatihan Optimalisasi LAPTOP & PC
10. Pelatihan Perawatan Laptop dan PC
11.
Pelatihan
SERVICE LAPTOP DAN PC ( baik software maupun hardware ) Semua Komponen PC
12. & Laptop
13. Pelatihan Pemasangan Jaringan WARNET
14.
Pelatihan Tambahan
Lainnya : (Seperti : Mengembalikan data yang hilang, overClock, Tips
15. Beli Laptop yg Bagus dan Original, dll)
· Bidang Multimedia
1.
Pelatihan Pembuatan
Web Online dengan berbagai program
2.
Pelatihan Pembuatan
Blog dengan berbagai variasi
3.
Pelatihan Editing
Video dan Audio
4.
Pelatihan Pembuatan
GAME
5.
Pelatihan Pembuatan
Animasi Kartun
6.
Pelatihan Desain
Segala Desain ( Jaket, Kaos, Pin, Sticker, Spanduk, Buku, cover, foto,dll)
7.
Pelatihan Aransemen
Musik
8.
Pelatihan Pengambilan
Gambar/ Shooting Video
9.
Pelatihan Pembuatan
Company Profile dengan berbagai Program
10.
Pelatihan Animasi,
Kuis Interaktif, Media Pembelajaran, Forum/Jejaring Sosial
11.
Pelatihan Lainnya (
Bisa Menyesuaikan waktu yang ada)
LAMPIRAN 2
A. Dasar Kompetensi Kejuruan
( MULTIMEDIA DAN TEKNIK KOMPUTER & JARIANGAN)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
1. Merakit personal computer
|
1 Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
2 Melakukan instalasi komponen PC
3 Melakukan
keselamatan kerja dalam merakit komputer
4 Mengatur
komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi
komponen sistem operasi)
5 Menyambung
periferal menggunakan software
6 Memeriksa
hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
|
· Ikut Membantu dan Melihat Perakitan Komputer Pesanan
· Ikut Membantu dalam Perakitan Komputer Warnet
· Ikut Membantu dalam SETUP BIOS PC
· Bongkar Pasang laptop
· SETUP BIOS di Laptop
· Diawal Masuk biasanya ada Pengenalan Komponen PC
& Laptop
· Pengecekan Hasil Rakitan PC nya
· Pengecekan Hasil Bongkar Pasang Laptopnya
|
Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
1.
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
2.
Melaksanakan instalasi software sesuai
Installation Manual
3.
Mengecek hasil instalasi menggunaka software (sampling)
4.
Melakukan troubleshooting
|
· Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi :
Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
·
Ikut Membantu dalam
Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
· Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang
sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office 2010, Corel draw, adobe
collection, 3dmax, opera, winamp, dll
|
Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan
lingkungan hidup (K3LH)
|
1
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja
(K3)
2
Melaksanakan prosedur K3
3
Menerapkan konsep lingkungan hidup
4
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada
kecelakaan.
|
· Pemakaian Alat bantu kontrol agar aman dalam Perakitan
PC
|
B. KOMPETENSI KEJURUAN
1.
Spesial Teknik Komputer dan Jaringan (071)
>> Sekilas KERJAAN
yang Ada Di JURUSAN TKJ/TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Di Badan Usaha /
Perusahaan
NO
|
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
|
SUDAH PERNAH/
BELUM
|
SUDAH PERNAH/
BELUM
|
SUDAH PERNAH/
BELUM
|
|
|||
Pengenalan Komponen
Hardware pada PC
|
|
|
|
|||||
Pengenalan Komponen
Hardware pada Laptop
|
|
|
|
|||||
Perakitan Komputer
/ PC
|
|
|
|
|||||
Perakitan LAPTOP
(bongkar pasang)
|
|
|
|
|||||
Installasi Operasi
System :
· DOS, Windows XP
SP1, SP2,SP3, Black Edition, Windows Vista, Windows 7, Linux , dengan
berbagai macam versi :( Linux 2.2, Linux 2.4, Linux 2.6, Arch Linux,
Debian, Mandriva, OpenSUSE, Fedora, Gentoo, Kubuntu, Red Hat, Turbolinux,
Ubuntu, Xandros, Oracle, Dll
|
|
|
|
|||||
Installasi Driver
Motherboard PC, Driver Laptop, yang meliputi driver : (Wlan, CCD_Bison,
Modem_Conexant, LaunchManager, VGA, CCD_Suyin, Touchpad, Synaptics,
CardReader, Audio, Lan_Broadcom, Finger_print, Chipset, Dll
|
|
|
|
|||||
Installasi
Software-software umum yang sering dipakai untuk keperluan :
o Optimalisasi, Reset Software, Browsers and Plugins, File Sharing, Messaging and Chat, File
Transfer, Office and News, Developer Tools, Anti-Malware, Firewalls and Security, System
Tuning, Compression and Backup, Networking and Admin, Audio and Video, CD and DVD Tools, Desktop, Photos and
Images, Drivers, Dll
|
|
|
|
|||||
Optimalisasi dan
Perawatan PC/Laptop
|
|
|
|
|||||
Pengecekan
Kerusakan pada PC
Troubleshooting Motherboard,
Troubleshooting
Power Supply,
Troubleshooting
Keyboard,
Troubleshooting
Floppy Disk Drive & Hardisk
|
|
|
|
|||||
Pengecekan
Kerusakan pada Laptop
|
|
|
|
|||||
SERVICE pada PC
|
|
|
|
|||||
SERVICE pada Laptop
|
|
|
|
|||||
Pengenalan Jaringan
Komputer
|
|
|
|
|||||
Perawatan Periferal
o Monitor, Keyboard, Mouse, Printer, Fan, Dll
|
|
|
|
|||||
Service Periferal
|
|
|
|
|||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
Setting Ulang
Sistem PC
|
|
|
|
|||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||
30.
30.
7.
|
PENGENALAN
TAMBAHAN:
o Penerimaan Tamu
o Ikut Menjadi STAFF TEKNISI/STAFF Marketing di
PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
o Marketing Secara Online
o Pembuatan WARNET (diikutsertakan dalam proses
pembuatan WARNET)
o Membandingkan komponen PC dan LAPTOP
o Pengenalan BISNIS ONLINE
|
|
|
|
TAMBAHAN Kegiatan/Pekerjaan Selama Prakerind di
Bidang TKJ dan Digital Printing:
· Melihat dan membantu dalam SERVICE Laptop dan PC
· Melihat dan membantu dalam Setup Bios
· Melihat dan membantu dalam Installasi Windows Xp, 7
Linux
· Melihat dan membantu dalam Perakitan Komputer
· Melihat dan membantu dalam Bongkar Pasang Laptop
· Melihat dan membantu dalam pembuatan Toko Online Untuk
Toko tersebut
· Marketing Online dan Offline
· Melihat dan membantu dalam Konsultasi dengan
Tamu/Pemesan/Pelanggan
· Membantu dalam Service Monitor, Laptop, PC, Modem, Mp3
Player,Tablet PC, dll
· Membantu dalam penerimaan tamu
· Membantu dalam Inventarisasi barang-barang
· Antar Jemput Barang-Barang
· Ikut Dalam Pameran KOMPUTER TERBESAR di Jogja di JEC
· Pergi Ke Relasi-Relasi , Service Center, dll
· Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
· Membantu dalam Pembuatan Blog Online, Company Profile
Badan Usaha/Toko Tersebut.
·
Membantu dalam
Pembuatan Brosur Iklan, Desain Untuk Keperluan Marketing/Pemasaran,
· dll
· Membantu dalam Pembuatan PIN, STICKER, CETAK
FOTO, Spanduk,
· Membantu dalam Pembuatan Desain dan Juga Pembuatan
JAKET, KAOS, Jamper
·
Membantu dalam
Pembuatan Spanduk, MUG/Gelas Cantik, X-Banner, Brosur/Pamflet, Cetak
· Buku
· Dan kegiatan/kerjaan lainnya.
PERBANDINGAN / KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK
PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK SEKOLAH
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
|
1
Menerapkan teori kelistrikan
2
Mengenal komponen elektronika
3
Menggunakan komponen elektronika
4
Menerapkan konsep elektronika digital
5
Menerapkan sistem bilangan digital
6
Menerapkan elektronika digital untuk
komputer
|
·
Diawal Dibantu
dalam Pengenalan Komponen pada Motherboard, Power Suplay, Komponen dalam Laptop,
Hardisk,dll
·
Melihat &
Membantu dalam Pengecekan Komponen yang rusak pada PC dan Laptop,
·
Melihat dan
Membantu dalam pengecekan komponen dengan menggunakan alat yang sudah
disediakan
|
Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
|
1. Mengidentifikasi
macam-macam periferal dan fungsinya
2. Menyambung/memasang
periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software
3. Melakukan
tindakan korektif
|
o Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi :
Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
o Ikut Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop
(VGA, LAN, Wifi, Audio,dll)
o Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang
sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti: Office 2010, Corel draw, adobe
collection, 3dmax, opera, winamp, dll
|
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
|
1. Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
2. Mengklasifikasikan masalah berdasarkan kelompoknya
3. Mengisolasi permasalahan
|
o
Ikut Membantu dalam
Pengecekan PC & Laptop
o
Ikut Membantu
SERVICE Laptop dan PC
|
Melakukan perbaikan dan/ atau setting
ulang sistem PC
|
1
Menjelaskan langkah perbaikan PC
2
Memperbaiki PC
3
Memeriksa hasil
perbaikan sistem PC
|
o Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
|
Melakukan perbaikan peripheral
|
4
Menjelaskan langkah perbaikan periferal yang
bermasalah
5
Memperbaiki periferal
6
Memeriksa hasil perbaikan periferal
|
o Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
|
Melakukan perawatan PC
|
1. Menjelaskan
langkah perawatan PC
2. Melakukan
perawatan PC
3. Memeriksa
hasil perawatan PC
4. Melakukan
tindakan korektif
|
o Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
o Memberikan Info Cara Perawatan yang baik ke
Pelanggan
o Ikut Dalam Pelayanan Konsultasi ke Pelanggan
|
Melakukan instalasi sistem operasi berbasis Graphical
User Interface (GUI) dan Command
Line Interface (CLI)
|
1.
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
berbasis Graphical User Interface (GUI)
2.
Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis
GUI sesuai Installation Manual
3.
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
berbasis Command Line Interface (CLI)
4.
Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis
text sesuai Installation Manual
|
·
Ikut Membantu dalam Installasi
OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento,
Fedora, dll)
|
8. Melakukan instalasi software
|
5.
Menjelaskan langkah instalasi software
6.
Melaksanakan instalasi software sesuai
Installation Manual
7.
Mengecek hasil instalasi menggunakan software
(sampling)
8.
Melakukan troubleshooting
|
·
Ikut Membantu dalam Installasi
DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·
Ikut Membantu dalam Installasi
Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office
2010,Corel draw,adobe collection, 3dmax,opera,winamp,dll
|
9.
Melakukan
instalasi perangkat jaringan
lokal (Local Area Network)
|
9.
Menentukan persyaratan pengguna
10. Membuat
desain awal jaringan
11. Mengevaluasi
lalu lintas jaringan
12. Menyelesaikan
desain jaringan
|
·
Ikut Membantu dalam Pemasangan
Jaringan LAN di pesanan WARNET, Pemasangan Speedy, dll
·
Ikut Membantu dalam Pemasangan
Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan Tetap/Baru
|
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang
tersambung jaringan
|
13. Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
14. Menganalisa
gejala kerusakan
15. Melokalisasi
daerah kerusakan
16. Mengisolasi
permasalahan
|
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan
Tetap
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET
|
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
|
17. Menjelaskan
langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
18. Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
19. Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
20. Memeriksa
hasil perbaikan koneksi jaringan
|
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan
Tetap
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET
|
Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Text
|
21. Menjelaskan
langkah instalasi software
22. Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
23. Mengkonfigurasi
jaringan pada sistem operasi
24. Mengecek
hasil instalasi menggunakan software (sampling)
25. Melakukan
troubleshooting
|
·
Ikut Membantu dalam Installasi
OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento,
Fedora, dll)
|
Melakukan instalasi
perangkat jaringan berbasis luas (Wide
Area Network)
|
26. Menjelaskan
persyaratan WAN
27. Mengidentifikasi
spesifikasi WAN
28. Membuat
desain awal jaringan WAN
29. Mengevaluasi
lalu lintas jaringan
30. Menyelesaikan
desain jaringan
|
·
Ikut Membantu dalam Pelayanan
Ke Pelanggan/Konsultasi, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan
Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
|
Mendiagnosis
permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide
Area Network)
|
31. Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
32. Memilah
masalah berdasarkan kelompoknya
33. Melokalisasi
daerah kerusakan
34. Mengisolasi
masalah
35. Menyelesaikan
masalah yang timbul
|
·
Ikut Membantu dalam Pelayanan
Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Membuat desain sistem keamanan jaringan
|
36. Menentukan
jenis-jenis keamanan jaringan
37. Memasang
firewall
38. Mengidentifikasi
pengendalian jaringan yang diperlukan
39. Mendesain
sistem keamanan jaringan
|
· Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis
luas (Wide Area Network)
|
40. Menjelaskan
langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
41. Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
42. Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
43. Memeriksa
hasil perbaikan koneksi jaringan
|
· Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Mengadministrasi server dalam jaringan
|
44. Memilih
aplikasi untuk server
45. Memilih
sistem operasi untuk jaringan
46. Memilih
komponen server
47. Menetapkan
spesifikasi server
48. Membangun
dan mengkonfigurasi server
49. Menguji
server
50. Memonitor
kinerja jaringan
|
· Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Merancang bangun
dan menganalisa Wide Area Network
|
51. Mengkonfirmasi
kebutuhan klien dan perangkat jaringan
52. Meninjau
masalah keamanan
53. Memasang
dan mengkonfigurasi produk dan perangkat gateway
54. Mengkonfigurasi
dan menguji titik jaringan
55. Mengimplementasi
perubahan
|
·
Ikut Membantu dalam Pelayanan
Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Merancang web
data base untuk content server
|
56. Menentukan
kebutuhan sistem
57. Menentukan
prosedur recovery
58. Merancang
arsitektur basis data
59. Mengklasifikasikan
penggunaan basis data.
|
· Ikut Membantu dalam Perawatan, Pengecekan,
penambahan, dan perbaikan pada WEB Badan Usaha Tersebut, Baik dari Segi
Desain, Domain, Hosting,dll
|
2. Multi
Media (072)
>>
Spesial Untuk Jurusan Multimedia akan ada pengenalan Software-Software lain
yang sering digunakan untuk pembuatan Produk Media oleh Badan Usaha/Perusahaan
Tersebut, Yaitu :
NO
|
KETERANGAN SOFTWARE
|
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
|
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
|
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
|
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
|
|
WEB DEVELOPMENT
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web dengan Ms. Publisher
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web dengan WPM
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web dengan EES
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web dengan WebKitPlus
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web dengan Web exe
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web dengan Expression web design menu
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web dengan Atrise web design HTMLock
|
|
|
|
|||
Pembuatan WEB berbasis CMS (Content Management System) :
o WordPress,
Jommla!,Mambo, Drupal, Typo3,e107, Dll
|
|
|
|
|||
Program Tambahan :
o Sigma visual
ajax GUI builder, Free colored scrollbar, AAA Web album, Coffe cup free HTML
editor, Java Script, MySQL, PHP, HTML, Dll
|
|
|
|
|||
Pembuatan Web Online
o Dll
Pembuatan Blog Online
> Astalog.com, www.Blogger.com, Wordpress.com, Livejournal.com, Blog.com, Comluv.com, Blogs.ie,
Blogsome.com, Blogdrive.com , Instablogs.com, www.Atom5.com, www.Vox.com, Blogmas.com, www.Blognow.com.au, www.Bravenet.com , www.zoomspace.com, 360.yahoo.com, www.weebly.com, tooum.com, www.terapad.com, www.squarespace.com, www.soulcast.com, www.shoutpost.com, www.opendiary.com,
www.netcipia.com , multiply.com, www.etribes.com ,
clearblogs.com, www.blogyx.com, www.Blogster.com, www.Blogr.com, Edublogs.org, Blogetery.com, www.Wordcountjournal.com , www.Trippert.com, www.Freevlog.org, www.Busythumbs.com, www.Blogcheese.com.,
www.greatestjournal.com, www.Akopo.com, Zorpia.com, Mytypes.com, my.Opera.com , www.Blogates.co, A- blogger.com, Plinplan.net, Weblogs.web.id,
Ayongeblog.com, Blogdetik.com, Dagdigdug.com, Dll
Pembuatan Forum Online,
Jejaring Sosial & Program Pendukungnya
o IndonesianForum.net/Forumotion.com, Createmybb3.com, Smfnew.com, Freesmfhosting.com, Forumup.com, Nabble.com, Etano, Pointter, Grou.ps
o Program
Pendukung lainny :
1024, Affinity
Circles –AIOCP, Altrasoft E-Friends, BCOOS
BitWeaver, Blogtronix, CMS Made SimpleCollective, Content Now, Converdge, CrowdVine, Crowd Factory, Dolphin, DragonFly CMS, DrBenHur Drupal, DZOIC Handshakes e107, Easy Portal, Elgg, Elxis, Etomite, Exponent CMS, EXV2, EZPublish, Fundanemt, FuzzLime, GeekLog, GoingOn, GoLightly, GoLightly Plus, iGaming CM, SInsane Visions, Intro Networks, Jaws Projects, Joomla, Jupiter Portal, KickApps, Kwiqq Social Website Builder, Leverage, Software, Lithium, LiveWorld, Mambo, MaxDev, Me.com, ModX CMS, MiPhoto, Neighborhood America –Netious, Ning, Omnifuse, OneSite, Ovidentia, People Aggregator, Pheap, PHPFpx, PHP Fusion, PHP Nuke, PHPCMS, PHPizabi, PHP Web Site, Pligg, Pluck, Plume Content Management, PostNuke CMS, Pringo, Prospero, Run CMS, Select Minds, SilverStripe, Small World Labs, Social Platform, Sparta Social Networks, Spip, Telligent Community Server 2007, The Port Social Media Site, TikiWiki, Toenda, Typo3, TypoLight, Village Engine, Web Crossing, |
|
|
|
|||
MULTIMEDIA DEVELOPMENT
|
|
|
|
|||
Macromedia Flash
|
|
|
|
|||
Sothink EES SWF
|
|
|
|
|||
Decomplier
|
|
|
|
|||
Adobe Flash CS
|
|
|
|
|||
3D max
|
|
|
|
|||
2D animatior
|
|
|
|
|||
3D animator
|
|
|
|
|||
Xara 3D
|
|
|
|
|||
Swish max
|
|
|
|
|||
Adobe after effect
|
|
|
|
|||
Auto run / auto play
|
|
|
|
|||
Avid Free DV
|
|
|
|
|||
Zolopages
|
|
|
|
|||
Emule ultra accelerator
|
|
|
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|
|
|
|||
GAME DEVELOPMENT
|
|
|
|
|||
Game creator
|
|
|
|
|||
3D game studio
|
|
|
|
|||
Game discovery
|
|
|
|
|||
Adventure game studio
|
|
|
|
|||
R.P.G maker vx
|
|
|
|
|||
Jump craft
|
|
|
|
|||
Krita
|
|
|
|
|||
Macromedia Flash
|
|
|
|
|||
Unity 3D
|
|
|
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|
|
|
|||
AUDIO VISUAL DEVELOPMENT
|
|
|
|
|||
Fruity loop
|
|
|
|
|||
Band inbox
|
|
|
|
|||
Adobe audition
|
|
|
|
|||
Avid Free DV
|
|
|
|
|||
Sonic video editing
|
|
|
|
|||
Sony vegas
|
|
|
|
|||
Adobe after effect
|
|
|
|
|||
Sonic video editing
|
|
|
|
|||
Ulead editing video
|
|
|
|
|||
Cool Edit Pro
|
|
|
|
|||
Dan Program pendukung lainnya :
Amadeus Pro, Ardour, Audacity, Audiobook Cutter Free Edition, Audio Editor Gold, Audio Dementia, AudioLab[1], Audio Cleaning Lab[2],
Creative Wavestudio, Diamond Cut DC7, Ecasound, Freecycle, Fast Edit, Fission, FlexiMusic Wave Editor, Goldwave, Jokosher, LMMS,
Media Digitalizer, Mp3splt, MusE, Aviary Myna, n-Track Studio, NU-Tech, Pro Tools, Pyramix, Qtractor, QuickAudio, Reaper[5], ReZound
|
|
|
|
|||
Media and Advertising
|
|
|
|
|||
Adobe photoshop
|
|
|
|
|||
Ulead editing photo express
|
|
|
|
|||
Corel Draw
|
|
|
|
|||
Wax
|
|
|
|
|||
Zwei stein
|
|
|
|
|||
Paint net
|
|
|
|
|||
Art weaver
|
|
|
|
|||
Photo Plus SE
|
|
|
|
|||
Photo filtre
|
|
|
|
|||
Paint star
|
|
|
|
|||
Pixen
|
|
|
|
|||
Ink Scape
|
|
|
|
|||
Seashore
|
|
|
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|
|
|
|||
PENGENALAN TAMBAHAN:
o Penerimaan Tamu
o Ikut Menjadi STAFF TEKNISI/STAFF Marketing di
PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
o Marketing Secara Online
o Membandingkan komponen PC dan LAPTOP
o Pengenalan BISNIS ONLINE
o Pembuatan Video Iklan Untuk Sponsor
o Pembuatan Video Profil masing-masing peserta PKL
|
|
|
|
SEKILAS Kegiatan/Pekerjaan Selama
Prakerind di Bidang/ JURUSAN Multimedia :
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan web,
meliputi:
·
Desain dari berbagai
Program
·
Proses HOSTING dan
Domain
·
Perawatan/Optimalisasi
WEB
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan media
pembelajaran, meliputi:
·
Desain, Lay Out,
Editing Musik, Revisi
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan game
media interaktif
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan GAME
Petualangan Umum
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan Blog
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing
foto
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing
video
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing
music
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain
spanduk, sticker, dan pin
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain
lay out buku
· Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain
cover, dll
· Melihat dan membantu dalam pembuatan Game Edukasi
· Melihat dan membantu dalam pembuatan Forum/Jejaring
Sosial
· Melihat dan membantu dalam pembuatan Toko Online
· Melihat dan membantu dalam pembuatan Company Profile
· Membantu dalam Pengambilan gambar/Shooting Video Untuk
Keperluan media, dll
· Membantu dalam penerimaan tamu
· Membantu dalam Inventarisasi barang-barang
· Marketing Online dan Offline
· Pembuatan Brosur Iklan, Desain Untuk Keperluan
Marketing/Pemasaran, dll
· Melihat dan membantu dalam Konsultasi dengan
Tamu/Pemesan/Pelanggan
· Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
· Dan kegiatan/kerjaan lainnya
PERBANDINGAN / KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK
PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK SEKOLAH
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
Memahami etimologi multimedia
|
1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia
1.2 Menjelaskan multimedia content
production
1.3 Menjelaskan multimedia communication
|
·
Ikut Membantu dalam Penerimaan
Tamu Untuk Pelayanan ke Pelanggan mengenai Multimedia, Pesanan Media
Pembelajaran, Pesanan Web, Pesanan Game, Pesanan Animasi, Kartun, Desain,
Editing Audio Video, dll
|
Memahami alir proses produksi produk multimedia
|
2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia
2.2 Menjelaskan proses production multimedia
2.3 Menjelaskan proses post production multimedia
|
·
Ikut Membantu dalam
Perancangan Desain, Ide/Inisiatif dalam Pembuatan Pesanan Multimedia (
Pesanan Web, Kuis Interaktif, Blog, Editing Video, Animasi, Kartun, Game,
Media Pembelajaran, Company Profile, Pemilihan Domain dan Hosting , Aneka
Desain Kaos, Jaket, Spanduk,dll)
|
Merawat peralatan multimedia
|
3.1 Menjelaskan
langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2 Melakukan perawatan
peralatan multimedia
3.3 Membuat kartu perawatan peralatan
multimedia
|
·
Ikut Membantu dalam Perawatan
setiap harii, meliputi Pengontrolan, pembersihan peralatan,pengecekan,dll
|
Mengelola isi halaman web
|
4.1 Memeriksa informasi
untuk relevansi dan currency
4.2 Memeriksa links dan navigasi
4.3 Mengedit informasi
sesuai kebutuhan
4.4 Menguji dan
memastikan perubahan perubahan
|
·
Ikut Membantu dalam Pembuatan
pesanan WEB, baik desain, isi, sampai ke proses Domain dan Hosting.
|
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
|
5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera
video
5.2 Mengoperasikan kamera video
5.3 Mengisi dan merawat battery
selama pengambilan gambar
5.4 Mengoperasikan kamera
5.5 Menata
kabel-kabel kamera
5.6 Mengoperasikan clapper board
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
/Pengambilan VIDEO untuk Company Profile, Untuk Keperluan pembuatan WEB,
Untuk Keperluan Pesanan Media Pembelajaran
·
Ikut Membantu dalam Editing
Video dan Audio nya
·
Ikut Membantu dalam Perancangan
Video bersama staff/Karyawan
|
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual
untuk multimedia
|
6.1
Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2
Membuat sketsa
6.3
Menggambar perspektif
6.4
Menggambar objek
6.5
Menggambar ilustrasi
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
|
7.1 Menjelaskan syarat
animasi
7.2 Membuat gambar kunci
7.3 Mengatur dan
melengkapi gambar kunci
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya. Pembuatan animasi biasanya diperlukan untuk
pesanan pembuatan kartun edukasi, kartun untuk company profile, web dan media
pembelajaran
|
Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
8.1
Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2
Membuat gambar-gambar asli
8.3
Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
8.4
Membuat gambar tiga dimensi
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi 3D dengan Penambahan dan pengenalan program/software, seperti : 3D
max, XARA 3D, Macromedia Flash, Adobe After Effect,dll
|
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
9.1
Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
9.2
Membuat model warna dan tempat warna
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
|
10.1 Menggunakan software teks multimedia
10.2 Mendesain teks
multimedia
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web,
dan company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
|
11.1 Mengedit gambar
digital
11.2 Menggunakan
software grafik multimedia
2D
11.3 Menciptakan
design grafik Multimedia 2D
11.4 Menampilkan karya
seni digital 2D
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian
multimedia
|
12.1 Menggunakan kamera
digital
12.2 Menggabungkan foto
digital ke dalam rangkaian multimedia
12.3 Menciptakan susunan
karya seni foto digital dan grafik 2D
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pesanan
editing FOTO pernikahan, baik secara desain asli maupun desain manipulasi
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint
|
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
|
13.1 Menjabarkan format
audio digital
13.2 Menggunakan software
audio digital
13.3 Merancang audio
digital
13.4 Membangun track
audio digital
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
editing audio, program yang sering digunakan:adobe audition, band in box,
beatcraff,organ digital, fruityloop,cool edit pro,dll
|
Membuat story board aplikasi multimedia
|
14.1 Mengidentifikasi
kebutuhan
14.2 Merencanakan alur
isi story board
14.3 Medeskripsikan
proses pelaksanaan dalam story board
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain
baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out,
desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
|
15.1 Menjelaskan dasar
tata cahaya
15.2 Menjelaskan efek
cahaya
15.3 Menyiapkan operasi lighting
|
·
Ikut Membantu dalam editing
Video
·
Ikut Membantu dalam editing
Foto
|
Menerapkan efek khusus pada objek produksi
|
16.1 Mengidentifikasikan
materi penunjang efek khusus
16.2 Menginstallasi software efek khusus
16.3 Membuat efek khusus
pada obyek
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menyusun proposal penawaran
|
17.1 Menganalisa syarat-syarat proyek
17.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai
dengan persyaratan laporan
17.3 Membuat rancangan biaya-biaya dan
sumber-sumber yang ada
17.4 Membuat proposal
17.5 Membuat pengajuan permohonan tender
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
proposal proyek ke Perusahaan / Instansi dalam penyebaran untuk keperluan
Marketing.
·
Ikut Dalam Peninjauan/Menemui
Pelanggan untuk penawaran pengajuan Proposal
|
FORMULIR PENDAFTARAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN /PRAKTEK DUNIA USAHA/PRAKTEK KERJA INDUSTRI
MELALUI SIC
A.
IDENTITAS PESERTA
· NAMA
· JENIS
KELAMIN
· TTL
· AGAMA
· ALAMAT
LENGKAP
· NO
HP PESERTA
· NIS
/ NIM
· NAMA
SEKOLAH/UNIVERSITAS
· ALAMAT
SEKOLAH/UNIVERSITAS
· PROGRAM
KEAHLIAN PESERTA
· EMAIL
& FACEBOOK
B.
PEMBIMBING/PENANGGUNGJAWAB PKL/PDU/PRAKERIND
o NAMA
o NIP
o NO
HP/TELP
o ALAMAT LENGKAP
C. IDENTITAS ORANGTUA PESERTA
o NAMA
AYAH :
i.
PEKERJAAN
ii. UMUR/USIA
o NAMA
IBU :
i. PEKERJAAN
ii. UMUR/USIA
o NO
HP/TELP
o ALAMAT
LENGKAP
D.
LAIN-LAIN
·
Sebutkan Sakit yang
pernah dialami anda :
......................................................................
......................................................................
......................................................................
·
Apakah anda bisa
mengendarai Sepeda Motor dengan benar ? ( Sudah / Belum )
·
Apakah anda sudah
memiliki SIM ? ( Sudah / Belum )
·
Sebutkan Organisasi
yang sudah pernah anda ikuti ...............................................................
·
Berapa jumlah saudara
dalam keluarga anda? ( ........................... )
·
Apakah anda memiliki
Laptop (Notebook)/ Netbook ? ( Ya / Tidak )
·
Apakah anda memiliki
kamera digital / Handycam ? (Kamera Digital / Handycam /
Tidak Punya )
TAMBAHAN UNTUK
PESERTA PKL/PRAKERIND
1. TULISKAN
MATERI DAN PRAKTEK JURUSAN MULTIMEDIA / JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN SELAMA DISEKOLAH / Universitas ANDA
a. (misal)
Macromedia Flash
b. (misal)
Perakitan Komputer
c. …………………………………………………………….
d. …………………………………………………………….
e. …………………………………………………………….
f. …………………………………………………………….
g. …………………………………………………………….
h. …………………………………………………………….
i. …………………………………………………………….
j. …………………………………………………………….
k. …………………………………………………………….
l. …………………………………………………………….
m. …………………………………………………………….
n. …………………………………………………………….
o. …………………………………………………………….
2. Sebutkan
Keterampilan / Skill yang sudah anda kuasai sampai saat ini (Jurusan Multimedia
& Teknik Komputer dan Jaringan )
a. …………………………………………………………….
b. …………………………………………………………….
c. …………………………………………………………….
d. …………………………………………………………….
e. …………………………………………………………….
f. …………………………………………………………….
3. Sebutkan
Hobi yang anda sukai selama ini
a.
…………………………………………………………….
b.
…………………………………………………………….
c.
…………………………………………………………….
4. Sebutkan
Cita-cita anda setelah lulus Sekolah / Kuliah
a.
…………………………………………………………….
b.
…………………………………………………………….
c.
…………………………………………………………….
5. Apakah
yang anda inginkan selama PKL/Prakerind berlangsung? (Lingkari yang anda
inginkan)
1) SERTIFIKAT/PIAGAM PENGHARGAAN
2) Dibantu Pembuatan Laporan PKL/ Prakerind oleh Pihak SIC
3) Ikut Berbagai Pelatihan Gratis di SIC Bidang Multimedia dan Komputer
sebagai Bekal sambil menerapkan di badan Usaha/Tempat Usaha yang disediakan
oleh PIhak SIC
4) Tuliskan lagi keinginan anda :
o
.......................................................................................................................
o
............................................................................................................................
o
............................................................................................................................
· FORMULIR DAN KETENTUAN INI
DICOPY SEBANYAK 4X , Diberikan kepada :
1. Pihak Sekolah
2. Pihak Keluarga
3. Pihak Peserta PKL
4.
Pihak SIC
Yogyakarta, ................................
Pihak Sekolah Pihak
Peserta
..............................
................................
Pihak Keluarga Pihak
SIC
................................
................................
Comments
Post a Comment